Penyakit Kelainan Darah Thalasemia

Penyakit Kelainan Darah Thalasemia Penyakit kelainan darah thalasemia atau anemia cooley adalah suatu penyakit herediter yang biasanya ditandai dengan gejala penyakit anemia hemolitik oleh suatu kelainan intrakospuskuler yang sifatnya disebabkan karena suatu kelainan dari hematologic dan juga kelainan yang terjadi pada tulang-tulang tertentu. Morfologi yang terjadi dari eritrosit yang menyatakan hiprochomia, anisositosis, poikilositosis, polichromasia dan adanya suatu sel-sel sasaran. Bisanya tulang tengkorak akan menebak dan kemudian tulang-tulang dan kaki serta tangan juga menderita penyakit osteoporosis. Penyakit thalasemia ini pada pertama kalinya ditemukan pada sekitar daerh Laut Tengah dan kemudian menyebar hingga ada di Negara-negara Asia.

Penyakit Kelainan Darah Thalasemia

Penyakit Kelainan Darah Thalasemia

Penyakit Thalasemia

Penyakit kelainan darah thalasemia pengobatannya dilakukan dengan dianjurkan untuk banyak mengonsumsi suplemen yang mengandung folat dan juga jangan mengonsumsi atau pemberian obat yang mengandung zat besi serta oksidasi misalnya golongan sulfanamid. Penderita dari penyakit thalasemia ini juga memerlukan transfuse darah selama mereka hidup. Sedangkan pada penderita penyakit kelainan darah thalasemia pada ibu hamil perlu melakukan transfuse darah selama masa kehamilan mereka dan juga saat mereka mengalami stress.

Pada mereka penderita penyakit kelainan darah thalasemia yang berat dalam penanganan medis perlu dijadwalkan perawatan dalam transfuse darahnya yang dilakukan secara teratur dan juga perlu diberikan suplemen yang mengandung folat. Jika terjadi suatu peningkaan pada pembesaran limpa yang terjadi karena terlalu sering transfuse darah juga perlu dilakukan tindakan operasi limpa. Pemberian Deferaxamin yang harus diberikan pada pasien yang merupakan suatu agen dari khelasi zat besi dalam mencegah terjadinya hemosiderosis.

Penanganan Thalasemia

Salah satu penanganan yang saat ini dikenalkan untuk mengatasi penyakit kelainan darah thalasemia ini adalah dengan tranplantasi sumsum tulang yakni allogenic. Bagi anak-anak yang belum pernah terkena atau mengalami iron overboard atau kelebihan zat besi dan juga terjadinya keracunan dan organ-organ yang tubuhnya 80% bisa bereaksi dengan baik sehingga juga mempunyai suatu kemampuan hidup yang biasanya lebih panjang.

Pada penyakit talasemia karier maka biasanya tidak akan menunjukkan suatu gejala. Penyakit talasemia yang berat maka biasanya akan ditemukan gejala seperti penyakit anemia. Kulit yang mengalami kekuningan atau disebut dengan penyakit kuning, perut buncit karena terjadinya suatu pembesaran pada hati dan juga limpa dan warna urine yang lebih gelap lagi. Biasanya pada penyakit talasemia yang berat maka diagnosis yang dilakukan adalah sejak masih balita. Bahkan pada usia bayi yang lahir dengan kasus penyakit talasemia akpha mayor bisa meninggal tidak lama setelah mereka dilahirkan.

Pemeriksaan Thalasemia

Pemeriksaan yang dilakukan oleh dokter maka mereka akan menemukan adanya penyakti anemia, maka mereka akan melakukan pemeriksaan untuk mencari tahu apa penyebab anemia yang terjadi dengan melakukan pemeriksaan seperti dibawah ini :

  1. Pemeriksaan darah yang dilakukan dengan teratur
  2. Pemeriksaan yang dilakukan lebih spesifik lagi misalnya adalah dengan kadar feritin
  3. Pemeriksaan sumsum tulang

Jika memang mereka menemukan adanya suatu kecurigaan dari diagnosis yang mengarah pada penyakit talasemia, maka mereka akan melakukan analisis genetika yang dimulai dengan melakukan eletroforesis hemoglobin. Riwayat pada keluarga yang bisa menjadi salah satu informasi yang sangat penting dalam melakukan penegakkan dignosis.

Terapi yang dilakukan pada penyakit taalsemia ini biasanya dilakukan berdasarkan dari tingkatan berat atau ringannya penyakit. Pada kondisi yang sangat ringan, maka biasanya penderita tidak membutuhkan pengobatan lebih spesifik. Pada kondisi talasemia yang berat maka biasanya mereka membutuhkan transfusi darah yang dilakukan secara berkala. Terkadan pada kondisi yang sangat berat sehingga menyebabkan terjadinya pembesaran pada limpa yang menjadi tidak terkompensasi lagi oleh tubuh, dan membutuhkan suatu terapi pembedahan dengan membuang limpa.

Sedangkan untuk pasien yang mengalami gejala talasemia yang berat, maka lakukan pemeriksaan langsung dengan dokter hematologi pada departemen penyakit dalam. Dokter biasanya akan melihat dari suatu perkembangan penyak, efek samping jenis obat yang kemungkinan bisa muncul serta membuat suatu rencana mengenai pemeriksaan pada penunjang apa yang sangat dibutuhkan. Dan selain itu juga, pengaturan pada diet yang dilakukan dengan baik dan dilakukan dengan seimbang akan bisa membantu pasien. Sebaiknya jangan lupa untuk mendukung pasien, karena mereka membutuhkan aspek kejiwaan dan juga aspek sosialnya. Yang paling utama adalah pasien yang membutuhkan suatu terapi secara rutin atau dilakukan dengan berkala.

Cara mengobati dan merawat penderita penyakit talasemia adalah :

  1. Pada penyakit talasemia yang sederhana sampai serius maka mereka membutuhkan tahap pemindahan darah yang sering dilakukan. Dan setiap kali pemindahan darah ini dilakukan, maka lebihan dari zat besi yang terbentuk dan juga tidak disingkirkan bisa menjelaskan jantung, hati, serta organ lainnya. Golongan yang seperti ini pasti membutuhkan pemindahan darah yang dilakukan setiap bulannya selama seumur hidup mereka.
  2. Untuk menyingkirkan terjadinya kelebihan zat besi, maka penderita harus melakukan penyuntikan pada obat yang disuntikan pada bawah kulit dan selain itu juga prosesnya dilakukan dengan cara mengambil massa yang lama juga.
  3. Untuk melakukan tes lebih serius, pemindahan dari sumsum tulang bisa dilakukan namun untuk mencegah terjadinya resiko penularan pada kalangan keluarga.

Itulah informasi mengenai penyakit talasemia, semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda semua.

Penyakit Kelainan Darah Thalasemia

Cara Pemesanan Jeli Gamat Luxor – Obat Thalassemia
Membantu Pengobatan Thalassemiatalasemiasp

Harga Jeli Gamat Luxor Obat Thalasemia 1 botol Isi 350 ml = Rp. 265.000,-/ botol

Cara Pemesanan : SMS ke 0852-1617-3280, tuliskan : Pesan Jeli Gamat Luxor Obat Thalasemia, Jumlah Botol, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap (untuk menentukan ongkos kirim)


=====================================

>>> Jeli Gamat Luxor Untuk Mengatasi Penyakit Thalasemia dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Talasemia and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.